oleh

Cegah Penyebaran Covid-19, Pemkab Butur Bagikan Masker di Pasar

Reporter : Safrudin Darma

BUTON UTARA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Utara (Butur) melakukan pembagian masker kepada masyarakat Butur di Pasar Mina-Minanga, Kecamatan Kulisusu. Langkah ini sebagai bentuk upaya mencegah penyebaran virus Corona agar tidak lebih meluas.

“Masker sangat penting, untuk melindungi diri dari mewabahnya covid-19 saat ini. Karena itu kita harus berikan ke masyarakat,” ungkap Bupati Butur, Abu Hasan ditemui di Pasar Mina-Minanga, Rabu 8 April 2020.

Meski begitu, orang nomor satu di daerah eks Barata Kulisusu Kesultanan Buton ini tidak menampik jika masker yang dibagikan belum mencukupi untuk seluruh masyarakatnya. Namun ia berjanji akan terus melakukan pengadaan masker baik bagi warga maupun petugas kesehatan yang menangani Covid-19.

kata dia, pembagian masker ia lakukan agar virus Corona bisa dicegah masuk ke daerah kekuasaannya itu.

“Sudah tugas kami melindungi dan menjaga keselamatan rakyat, sebab Corona bukan wabah biasa, jangan dianggap remeh. Kami juga mengerahkan seluruh kekuatan jajaran, struktur anggaran dan personel untuk mendistribusikan masker dan APD lainnya agar tindakan pencegahan dan penanganan Corona benar-benar serius dan berjalan dengan maksimal,” ujarnya.

Abu Hasan menyebut, pihaknya juga telah mengeluarkan surat edaran melalui Dinas Sosial ke desa-desa dilakukan pendataan penduduk yang kurang mampu ataupun pekerja harian untuk menganggarkan kebutuhan pangannya.

“Bukan hanya Corona, kita harus memperhatikan pangan penduduk. Saya mengimbau kepada masyarakat agar dalam pencegahan mewabahnya covid19 ini, dimulai dari kesadaran diri sendiri dengan pola hidup sehat, bagi yang berada diluar daerah diharapkan jangan dulu mudik begitupun yang berada dalam daerah untuk sementara waktu,” urainya.

ia juga mengimbau tanpa unsur memaksa agar warga Butur agar jangan dulu mudik demi keselamatan semua pihak. Nanti setelah kondisi membaik baru mempersilahkan mudik.

Ditempat yang sama, Ketua PKK Butur, Siti Rabiah Abu Hasan menambahkan pihaknya bekerjasama dengan dekranasda akan mengadakan APD dengan cara membuat sendiri untuk dibagikan kepada masyarakat. Mengingat pemesanan APD diluar daerah sangat terbatas dan susah untuk didapatkan.

“Demi keselamatan masyarakat, kita semua harus siap dan serius,” imbuhnya.

Terkini