DKP Buteng Siap Salurkan Bibit Rumput Laut Kultur Jaringan

Reporter : Syaud Al Faisal

LABUNGKARI – Pemerintah Kabupaten Buton Tengah melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) segera menyalurkan bibit rumput laut kultur jaringan.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Muh Rijal mengatakan, rumput laut menjadi komoditas andalan untuk meningkatkan produksi perikanan budidaya di Buton Tengah. Untuk itu, pihaknya terus berupaya membantu untuk membudidayakan rumput laut, salah satunya pengadaan bibit unggul menggunakan bibit hasil teknik kultur jaringan dari laboratorium balai Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

“Rumput laut dengan teknik kultur jaringan memiliki keunggulan dibanding dengan bibit biasa. Keunggulanya karena kultur jaringan dapat menghasilkan jumlah banyak dari bibit biasa, misalnya dapat 2 hingga 3 kali panen,” paparnya saat dikonfirmasi MEDIAKENDARI.com.

Bantuan bibit rumput laut kultur jaringan ini baru pertama disalurkan kepada petani. Rijal berharap, agar petani rumput laut di Buton Tengah segera mengajukan usulan proposal kelompok budidaya dengan melampirkan fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK). Berkas nantinya akan diserahkan secara langsung di Kantor Dinas Kelautan dan Perikanan.

“Saya harap kepada para pembudidaya untuk masukan usulanya paling lambat pertengahan Februari 2020, maksimal perkolompok 10 orang agar kami ajukan ke Balai Makassar,” harapnya.(b)

Iklan Pangdam Ucapan Selamat kepad Kapolda