oleh

Kondisi Jembatan di Jalur Labuan-Wa Ode Buri Butur Memprihatinkan

-BUTON UTARA, FEATURED-26 dibaca

BUTUR – Pengguna jalan di jalur Labuan-Wa Ode Buri, Kabupaten Buton Utara (Butur) harus berhati-hati, pasalnya salah satu jembatan penghubung yang berada Kecamatan Wakorumba utara kondisinya sangat memprihatikan. Kondisi lantai jembatan yang masih terbuat dari kayu itu, sudah mulai keropos dan berlubang. Hal ini sangat berdampak rawannya terjadi kecelakaan. Kondisi tersebut membuat warga berharap agar instans terkait segera memperbaiki jembatan yang menjadi urat nadi transportasi masyarakat.

Berdasarkan pantaun media ini, jembatan yang merupakan akses utama menuju Kota Ereke itu kondisinya sudah lapuk dan keropos dengan lubang sekitar 1,5 meter. Bahkan warga setempat sudah berusaha menutup lubang jembatan itu dengan peralatan seadanya agar tidak terjadi kecelakaan. Namun, hal itu tidak berlangsung lama perlahan lubang yang sudah ditutup warga kembali terbuka bahkan semakin melebar. Ini disebabkan beban kendaraan yang melintas tidak sesuai dangan kapasitas jembatan.

Kondisi ini tentunya meresahkan para pengguna jalan, karena dengan kondisi tersebut semestinya segera ditanggulangi pemerintah. Jangan sampai kondisinya semakin parah, yang bisa mengakibatkan jembatan ambruk. Hal itu tentu akan memutus jalur transportasi warga setempat, yang telah menjadikan jalan itu sebagai akses vital arus transportasi orang maupun barang. Sehingga, diharapkan kondisi jembatan tersebut segera mendapat perhatian dari pemerintah.

Rusman warga setempat, mengaku prihatin dengan kondisi jembatan tersebut, dirinya berharap kepada pemerintah melalui Dinas-dinas terkait untuk segera bergerak cepat memperbaiki jembatan yang berlubang itu. Karena akses warga menjadi terganggu dan rawan terjadi kecelakaan.

“Bahkan untuk menghindari terjadinya kecelakaan, warga sudah berinisiatif menaruh kayu dan tanda kantung plastik sebagai rambu-rambu agar pengendara berhati-berhati saat melintas di jembatan ini. Dan ini tidak bisa dibiarkan sampai berlarut-larut, pemerintah harus segra merespon ini, karena sebelumnya kami sudah berkomunasikasi kepada pemerintah untuk segera memperbaiki jembatan ini,” jelasnya.(b)


Reporter:Safrudin darma


Terkini