oleh

Puskesmas Kulisusu Rubah Cara Pelayanan Dimasa Pandemi Covid-19

Reporter : Safrudin Darma

BUTON UTARA – Puskesmas Kulisusu Kabupaten Buton Utara (Butur) mengubah cara pemberian pelayanan kesehetan kepada warganya selama pandemi Covid-19 berlangsung. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Puskesmas Kulisusu (Kapus) La Jumadil Akhmad Tiu.

Kata Jumadil, untuk meminimalisir penyebaran Wabah Covid-19, Puskesmas Kulisusu menerapkan pelayanan tanpa kontak langsung kepada masyarakat melalui Layanan Konsultasi Kesehatan Via Telepon Seluler. Layanan ini berlaku mulai Kamis 16 April 2020.

“Kegiatan ini, telah disosialisasikan kepada masyarakat sejak kemarin dan ujicoba hari ini, Alhamdulillah sudah ada beberapa masyarakat yang telah menghubungi kami,” ungkap Jumadil dikonfirmasi, Jum’at 17 April 2020.

Ia menjelaskan layanan melalui konsultasi dimaksud dilakukan ketika terjadi masalah kesehatan oleh tiap individu yang masih bisa melakukan rawat jalan. ia mencontohkan misalnya warga yang mengalami flu,batuk dan gastritis.

“Masyarakat mengirim data, keluhan, setelah itu dianalisa, kemudian akan dihubungi kembali untuk mengambil obat melalui kurir yang sudah ditugaskan oleh puskesmas,” ujarnya.

Jumadil juga mengungkapkan pihaknya telah melakukan instruksi BPJS selaku pengayom dalam pelayanan kesehatan dengan cepat, sigap dan tanggal demi kesehatan masyarakat. Bagi warga yang ingin mendapat layanan konsultasi via seluler tersebut dapat menghubungi nomor kontak yang sudah disediakan Puskesmas Kulisusu.

“Nomor kontak layanan yang dapat dihubungi oleh masyarakat yaitu di “082259773710” baik melalui telponan, SMS maupun WhatApp. Dengan jam pelayanan mulai pukul 8.00 hingga 12.00 WITA setiap harinya,” terang mantan Kapus Bone Rambo ini.

Ia menambahkan pihaknya juga membuka layanan di Media Sosial melalui akun Puskesmas Kulisusu. “Semoga layanan seperti ini dapat bermanfaat untuk masyarakat,” harapnya.

Terkini